Saturday, March 13, 2010

Dunia penuh topeng


Kutengok kanan dan kiri
Disekelilingku banyak manusia yang berlalu lalang mengenakan topeng
Ada topeng sedih,tegas,berwibawa,ceria
Ada pula yang berlukiskan warna warni dengan mimik mencerminkan keangkuhan
Kutanya salah satu dari mereka
Mereka berbicara tanpa melepas topeng itu
Aku bingung,mengpa mereka semua menutupi wajah mereka dengan topeng itu?
Apakah mereka tak bisa membuka topeng mereka dan sekadar memperlihatkan wajah mereka?
Tak bisakah mereka menunjukkan mimik asli mereka yang disembunyikan di belakang topeng itu?

Ada seseorang yang mengenakan topeng penuh keceriaan menghampiriku
Kusambut dengan tawa bahagia
Kuharap ia mau membuka topeng itu di depanku
Namun apa daya?ia justru menusukku punggungku
Di kala aku percaya dan sedang melindunginya di belakangku
Aku tak mengira akan terjadi hal seperti itu
Karena topeng ceria yang dikenakanya,hingga aku tak bisa melihat wajahnya jikalau ia adalah musuhku

Ada topeng berwibawa menghampiriku
Akupun menyambut dengan penuh sukacita
Aku berharap bila ia mau membuka topeng itu dihadapanku
Namun sayang,ia hanya memberikan janji dan harapan kosong sambil berlalu meninggalkanku

Ada topeng senyum yang menghampiriku
Ia kali ini benar benar berjanji ingin membuka topeng dan memperlihatkan wajahnya padaku
Namun apa daya?ia hanya memanfaatkanku

Ada topeng dengan wajah rupawan kembali menghampiriku
Ia menjanjikan cinta indah dan kasih sayang yang tinggi
Sayangnya ia hanya menjerumuskankanku pada lubang dunia yang terdalam.

Hingga akhirnya
Datanglah 6 orang itu,6 orang yang berjalan dari jauh dengan memakai topeng
Mereka mengenakan topeng dengan mimik datar
Mereka tak menjanjikan apa apa,mereka hanya diam seribu bahasa
Dan tak kusadari,dengan seiring waktu berjalan,mereka membuka topengnya perlahan lahan
Dan wajah itu,wajah yang pertama kalinya kulihat tersenyum
Setelah tersenyum mereka menutupi kembali wajahnya dengan topeng itu
Dan hanya membukanya bila di depanku

Kadang aku terkapar lelah di persimpangan ini
Haruskah aku mengenakan topeng?
Haruskah aku menyembunyikan wajahku?
Dan hanya membukanya pada 6 orang itu?

No comments:

Post a Comment